Tiansyah, Afri Sabdi and Rasianna, Br Saragih and Evi, Hafizah (2024) KOMUNIKASIPERSUASIFTUTORDALAMMENUMBUHKAN MOTIVASIBELAJARPESERTADIDIKPAKETCPKBMTABAH KOTABENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI Afri Sabditiansyahhh fix (2) - Afri Sabditiansyah.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik di PKBM Tabah Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data
melalui observasi langsung dan wawancara. 4 informan kunci yaitu tutor dan 2informan tambahan yaitu peserta melalui Teknik purposive sampling. Konsep yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah komunikasi persuasif dengan
tiga pendekatan utama yaitu ethos, pathos, dan logos. Ethos mengacu pada kredibilitas tutor yang dibangun melalui pengetahuan dan pengalaman, pathos mengacu pada kemampuan tutor untuk memengaruhi emosi peserta didik, dan
logos berkaitan dengan penyajian argumen logis yang dapat diterima oleh pesertadidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor, yaitu membangun kredibilitas(ethos), memancing emosi positif (pathos), dan menyajikan argumen yang logis
(logos), terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil wawancara melalui informan kunci yaitu tutor yang membenarkan adanya upaya-upaya persuasif yang dilakukan oleh tutor dalam hal
ketahanan belajar dan keinginan untuk menyelesaikan pendidikan. Penelitian ini juga memberikan pengembangan lebih lanjut dalam penerapan konsep ethos, pathos dan logos di lingkungan pendidikan nonformal.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Motivasi Belajar, Ethos, Pathos, Logos
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Communication Science Program |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26168 |