Jayanti, Lofty Dwi and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 51 SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS LOFTY A2G023015 - Lofty Dwi Jayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh multimedia interaktif
berbasis problem based learning Terhadap hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli
Lingkungan Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy
eksperimen mengunakan desain nonequivalent control group design. Jenis data
yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu menggunakan instrumen soal tes dan
lembar Angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung > dari Ftabel dan nilai
sign < 0.000 pada hasil Belajar kognitif, Fhitung < dari Ftabel dan nilai sign > 0.000
pada sikap peduli lingkungan dan Fhitung > dari Ftabel dan nilai sign < 0.000 pada
simultan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan. Uji N-Gain pada lembar
tes kelas eksperimen sebesar 72,81% termasuk dalam kategori cukup efektif dan
pada kelas kontrol sebesar 39,94% termasuk dalam kategori tidak efektif. Pada uji
N-Gain Lembar Angket kelas eksperimen sebesar 63,21% termasuk dalam kategori
cukup efektif. Sedangkan nilai N-Gain score kelas kontrol sebesar 50,22%
termasuk dalam kategori kurang efektif. Dapat disimpulkan bahwa multimedia
interaktif berbasis problem based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar kognitif, tidak berpengaruh secara signifikan pada sikap peduli lingkungan,
dan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap hasil belajar kognitif dan sikap
peduli lingkungan siswa
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26239 |