Kurnia, Lady Alfie and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS STEM PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SAINS SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-LADY AK (FULL) - Lady Alfie.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran digital
berbasis STEM pada materi wujud zat dan perubahannya untuk meningkatkan
pemahaman sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research
and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif yaitu data kuantitatif merupakan
menggunakan angket skor penilaian yang diberikan oleh validator sedangkan
data kualitatif merupakan komentar dan saran dari validator. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh bahwa karakteristik media pembelajaran memuat unsur
science pada materi, technology pada penggunaan media, engineering pada
tugas kelompok dan mathematics pada evaluasi. Kelayakan media pembelajaran
berdasarkan validasi ahli materi diperoleh skor 0,83, validasi bahasa sebesar
0,83 dan validasi desain sebesar 0,67. Respon pengguna terhadap siswa
diperoleh persentase sebesar 93%. Hasil pretest diperoleh skor sebesar 45,25,
sementara hasil posttest diperoleh skor sebesar 87,5. Hasil uji N-Gain
berdasarkan pemahaman sains level kognitif C1 sebesar 64%, level kognitif C2
sebesar 88% dan level kognitif C3 diperoleh persentase sebesar 83%.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Digital, STEM, Pemahaman Sains
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26243 |