PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI RASIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SELUMA BENGKULU

PUTRI, CINDY SAMYA and Saleh, Haji and Agus, Susanta (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI RASIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SELUMA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS_CINDY SAMYA PUTRI - Cindy Samya Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Elektronik-Lembar Kerja Peserta
Didik (E-LKPD) berbasis pembelajaran berdiferensiai pada materi Rasio
untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas VII yang valid,
praktis, dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ADDIE dengan tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (Design),
pengembangan (Development), implementasi (Implementations), dan evaluasi
(Evaluations). Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas,
kepraktisan, dan efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1)
Analisis validasi e-LKPD menggunakan teknik analisis angket validasi dengan
Aiken V, (2) Analisis kepraktisan e-LKPD menggunakan teknik
kecenderungan berdasarkan hasil dari lembar kepraktisan peserta didik, (3)
Analisis efektifitas e-LKPD ditinjau dari hasil belajar peserta didik pada nilai
pretes, postes, rata-rata dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-
LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiai pada materi Rasio termasuk dalam
kategori: (1) sangat valid berdasarkan 25 aspek penilaian yang terdiri dari 6
aspek penilaian bahasa, 13 aspek penilaian media, dan 6 aspek penilaian
materi, (2) sangat praktis berdasarkan 14 aspek penilaian kepraktisan, (3)
sangat efektif berdasarkan hasil belajar pemahaman konsep matematis peserta
didik dengan skor posttest rata-rata keefektifan E-LKPD sebesar 87,2 dengan
N-Gain sebesar 0,73 pada kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa E-
LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi Rasio memenuhi
kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas, sehingga dapat dinyatakan layak
untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata Kunci: E-LKPD, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemahaman Konsep
Matematis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:47
Last Modified: 25 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26256

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200