ANALISIS KINERJA SISTEM INFORMASI LAMANDATA MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK STUDI KASUS : (PUPR BWS VII BENGKULU)

Safira, Rania Amanda and Aan, Erlanshari and Nurul, Renaningtias (2025) ANALISIS KINERJA SISTEM INFORMASI LAMANDATA MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK STUDI KASUS : (PUPR BWS VII BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Rania Amanda Safira_G1F019041_Skripsi (1) - Rania Amanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Sistem Informasi
(Website) Lamandata PUPR BWS VII Bengkulu jika dinilai dalam 4 Perspektif IT
Balanced Scorecard serta memberikan hasil penelitian sebagai bahan evaluasi
Dinas PUPR BWS VII Bengkulu guna meningkatkan performa sistem informasi
Lamandata dan standar pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini ada 2 pihak yang dimana pihak
eksternal adalah Pengguna Sistem Informasi Lamandata yang menggunakan sistem
selama 2 (dua) tahun terakhir yaitu sejak 2023-2024 sebanyak 90 pengguna dan
pihak internal yaitu pegawai Dinas PUPR BWS VII Bengkulu sebanyak 30 pekerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Divisi IT menjadi beban bagi dinas, orientasi
masa depan, orientasi pengguna, dan penyempurnaan operasional pada Dinas
PUPR BWS VII Kota Bengkulu telah memberikan pengaruh positif dalam
meningkatkan pelayanan publik. Pada indikator Divisi IT menjadi beban bagi dinas
memiliki nilai skor total 84,6% yang telah berhasil menyatukan komitmen bersama
untuk mendukung visi dan misi instansi. Indikator anggaran menunjukkan nilai
tertinggi (96%), sedangkan produktivitas kerja mencatat nilai terendah (74%). Hal
ini menegaskan pentingnya penguatan produktivitas kerja untuk mencapai target
yang lebih optimal. Orientasi masa depan menunjukkan adanya kemajuan, terutama
dalam memperkuat kinerja (86%). Namun, anggaran penelitian memiliki nilai
terendah (54%), yang mengindikasikan perlunya alokasi dana lebih besar untuk
mendukung inovasi dan strategi jangka panjang. Pada indikator orientasi pengguna,
kesesuaian informasi menjadi indikator terbaik (86%), sedangkan kepuasan
pengguna masih rendah (52%). Hal ini menunjukkan perlunya perbaikan sistem dan
peningkatan pengalaman pengguna. Perspektif penyempurnaan operasional
menunjukkan hasil yang memuaskan, terutama pada pengembangan dan
pemeliharaan sistem (94%). Respon terhadap keluhan pengguna, meski baik, masih
memiliki ruang untuk ditingkatkan.
Kata Kunci : Lamandata, IT Balanced Scorecard, Pelayanan Publik, PUPR BWS
VII Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information Systems Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:02
Last Modified: 25 Sep 2025 04:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200