Damardasy, M. Randica and Ria, Ariesta and Agus, Trianto (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN UNTUK SMP SISWA KELAS VIII BERBASIS CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
M. Randica Damardasy-1 - shin x132.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Pengembangan modul ajar teks laporan untuk SMP siswa kelas VIII
berbasis CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca dan keterampilan
menulis teks laporan melalui kerja sama. Penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri 5
tahap, berupa: (1) analisis yang dilakukan dengan mengamati dan
mengevaluasi kemampuan belajar dan pemahaman pada teks laporan, (2)
desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) Evaluasi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, tes dan
dokumentasi. Populasi dan sampel data dilakukan oleh siswa kelas VIII
SMP TQ Irsyadul Ibad Lubuklinggau. Hasil penelitian pada modul ajar teks
laporan berbasis CIRC siswa menjadi lebih aktif pada kegiatan
pembelajaran dengan adanya contoh-contoh teks laporan, membentuk
kelompok belajar, berkerja sama, memecahkan masalah, menemukan kosa
kata sulit pada teks laporan, selanjutnya siswa mampu membaca didepan
kelas terhadap teks laporan yang telah dibaca, tahap terakhir siswa mampu
menuliskan teks laporan dengan menuangkan ide-ide yang didapat secara
mandiri. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli bahasa pada teks laporan
memiliki kriteria valid dengan skor rata-rata 0,82, sedangkan validasi ahli
desain memperoleh skor 0,75, dan validasi yang dilakukan pada lembar
kepraktisan guru menghasilkan skor rata-rata 78%. Berdasarkan pada hasil
validasi yang didapatkan maka modul ajar berbasis CIRC valid, praktis dan
efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan materi
teks laporan. Buku ajar teks laporan berbasis CIRC memiliki tahapan yang
terdiri dari uji kemampuan siswa, pembentukan kelompok, uji berpasangan,
membaca teks, menuliskan pemahaman yang didapat, serta tahap terakhir
berupa tes kemampuan siswa.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Teks Laporan, SMP, CIRC
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26321 |