STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 4 REJANG LEBONG

Annisa, Ratih Puspa Nur and Catur, Wulandari and Dian Eka Chandra, Wardhana (2025) STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 4 REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
RATIH PUSPA NUR ANNISA - ratih puspa na.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum
Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Rejang
Lebong, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta
kendala yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data meliputi
wawancara mendalam dengan guru, observasi kegiatan pembelajaran,
serta analisis dokumen seperti modul ajar yang disusun oleh guru SMPN 4
Rejang Lebong. Teknik analisis data dengan tahapan, yaitu pengumpulan
data, transkripsi data, identifikasi data, klasifikasi data, verifikasi data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan pembelajaraan yaitu modul ajar yang dibuat oleh guru Bahasa
Indonesia di SMPN 4 Rejang Lebong belum sesuai dengan kurikulum
Merdeka, guru masih kurang memahami analisis Capaian Pembelajaran
(CP) dalam Kurikulum Merdeka, khususnya dalam mengembangkan CP
menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
yang rinci dan terukur dalam bentuk modul ajar. Dalam pelaksanaannya,
pembelajaran di kelas tidak mengacu pada kepada model pembelajaran
pedagogi genre, lebih cenderung menggunakan metode problem based
learning guru tidak sepenuhnya menerapkan tahapan dalam pembelajaran
tersebut dari kelima tahapan model pembelajaran problem based learning
guru hanya melakukan tiga tahapan yang dilaksanakan dengan baik, yakni
orientasi, pengorganisasian, dan investigasi, sementara tahap
pengembangan dan evaluasi sering kali tidak dijalankan secara optimal.
Evaluasi pembelajaran masih memerlukan penyesuaian untuk sepenuhnya
sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Kendala utama yang dihadapi
adalah guru belum memahami Kurikulum Merdeka yang merujuk pada
dokumen CP 2022, serta keterbatasan fasilitas.
Kata Kunci: Studi Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran
Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:36
Last Modified: 10 Oct 2025 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200