PUTRI,, SRI ANGGRAINI RIZKI and Irma, Diani and Agus, Trianto (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN METODE GLENN DOMAN DI PAUD TUNAS LITERASI QUR’ANI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB I DAN BAB 5 Sri Anggraini Rizki Putri - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan membaca anak adalah sesuatu yang sifatnya penting, sehingga
hal ini perlu untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil
kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Tunas
Literasi Qur’ani Kelemahan yang dimiliki anak dalam kaitannya dengan
membaca bisa menjadikan anak tidak memiliki rasa percaya diri, berkecil hati,
serta menurunkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun
Sampel yang digunakan sejumlah 30 siswa. Data penelitian dikumpulkan
melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data penelitian
dianalisis melalui langkah mereduksi dan menyajikan data, serta
menyimpulkan. Penelitian ini didapatkan hasil yaitu, metode Glenn Doman
bisa dipergunakan untuk penerapan pembelajaran kemampuan membaca
anak usia dini, yaitu anak dapat menghubungkan gambar dengan kartu kata,
melafalkan kata secara jelas, serta dapat mengucapkan bunyi huruf secara
benar. Sehingga, adanya pengaruh cukup signifikan dari metode Glenn
Doman terhadap peningkatan kemampuan membaca pada anak usia dini.
Kata kunci: metode glenn doman, membaca permulaan, anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26341 |