Purnomo, Adi and Praningrum, Praningrum and Yessy, Elita (2025) PENGARUH KOMPETENSI DAN TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG)TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
THESIS ADI PURNOMO PDF_compressed - RR manajemen.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber
daya manusia, terutama dalam mengembangkan kecerdasan dan keterampilan
individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah kinerja
guru, yang sangat bergantung pada kompetensi dan tunjangan profesi yang
diterima. Penelitian berjudul Pengaruh Kompetensi dan Tunjangan Profesi Guru
(TPG) Terhadap Kinerja Guru SMA di Bengkulu Utara ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja guru
di wilayah tersebut, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan
mencetak generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Dalam
melakukan penelitian ini dilengkapi dengan teori-teori mengenai kinerja, kinerja
guru, kompetensi guru dan tunjangan profesi guru (TPG). Penelitian ini
menggunakan metode survei dengan mengumpulkan data dari sampel sebanyak
148 orang guru bersertifikasi di Bengkulu utara melalui instrumen kuisioner.
Untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis regresi linier berganda, selain
itu dilakukan juga uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi memiliki
pengaruh positif terhadap kinerja guru SMA Negeri di Bengkulu Utara. Artinya,
semakin tinggi tingkat kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru, semakin
tinggi pula kinerjanya. Selain itu, tunjangan profesi guru (TPG) juga berpengaruh
positif terhadap kinerja guru. Hal ini berarti bahwa semakin besar tunjangan yang
diterima oleh seorang guru, semakin baik pula kinerjanya. Secara keseluruhan,
penelitian ini menemukan bahwa baik kompetensi maupun tunjangan profesi guru
(TPG) berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMA Negeri Bengkulu Utara.
Dengan kata lain, semakin tinggi kompetensi dan tunjangan profesi yang diterima,
maka kinerja guru akan mengalami peningkatan yang signifikan. Penelitian ini
memberikan kontribusi penting bagi upaya meningkatkan kualitas pendidikan di
Indonesia, khususnya dalam konteks peningkatan kinerja guru. Oleh karena itu,
pengembangan kompetensi guru dan peningkatan tunjangan profesi menjadi
langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan.
Kata Kunci : Kompetensi, Tunjangan Profesi Guru (TPG), Kinerja Guru
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:51 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 03:51 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26376 |

