NOVITASARI, VIA and Endina, Putri Purwandari and Desi, Andreswari (2024) IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PENGEMBANGAN MOOCs FKIP UNIVERSITAS BENGKULU BERBASIS MOODLE. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Naskah Skripsi_Via Novitasari_Final - Via Novitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran daring dapat diterapkan pada perguruan tinggi dengan
dilakukan adaptasi secara cepat oleh mahasiswa dan dosen. Perguruan
tinggi yang menerapkan pembelajaran daring yaitu FIKP Universitas
Bengkulu mempunyai e-learning yang telah mengusung konsep MOOCs
(Massive Open Online Course) sehingga dapat diakses oleh seluruh
mahasiswa dan dosen baik internal maupun eksternal. Akan tetapi, MOOCs
FKIP Universitas Bengkulu belum dijalankan secara maksimal karena
belum sesuai dengan kebutuhan pengguna dan terdapat kendala yang
dialami oleh dosen dan mahasiswa yaitu dosen belum belum terbiasa
menggunakan aplikasi tersebut, contohnya ketika dosen ingin mengubah
pertanyaan quiz, dosen lupa letak fitur tersebut dan berharap terdapat fitur
tambahan yang dapat membantu dalam merekap hasil penilaian quiz.
Kendala bagi mahasiswa yaitu kurang memahami materi course karena
belum terdapat video pembelajaran pada course, sehingga mahasiswa
menginginkan adanya informasi history nilai dari setiap course yang diikuti
secara berulang untuk mengetahui perkembangan course dan video
pembelajaran pada setiap course. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan
melakukan pengembangan MOOCs FKIP Universitas Bengkulu berbasis
Moodle dengan menerapkan metode design thinking yang terdiri dari tahap
empathize, define, ideate, prototype dan testing. Hasil penelitian yaitu
MOOCs FKIP Universitas Bengkulu berbasis Moodle yang dapat
memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan pembelajaran di FKIP
Universitas Bengkulu dengan skor UAT yang diperoleh 89.4% masuk
dalam kategori sangat layak, sehingga MOOCs FKIP Universitas Bengkulu
berbasis Moodle sangat layak digunakan oleh pengguna.
Kata Kunci: Design Thinking, E-Learning, Moodle, Media Pembelajaran,
MOOCs
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 07:22 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26446 |