Riyanto, Agus and Johanes, Sapri and Eko, Risdianto (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POLIKLINIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGOLAHAN DATA KESEHATAN (Studi pada mata kuliah Sistem Informasi Kesehatan mahasiswa Keperawatan). Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS AGUS RIYANTO - Agus Riyanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu membuat model pembelajaran berbasis aplikasi
poliklinik untuk meningkatkan keterampilan pengolahan data kesehatan, menguji
kelayakan model pembelajaran berbasis aplikasi poliklinik, menguji keefektivitas
model pembelajaran berbasis aplikasi poliklinik untuk meningkatkan keterampilan
pengolahan data kesehatan. Penelitian ini adalah Research and Development
(R&D). Sampel penelitian adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan
Bhakti Husada Bengkulu. Wawancara, angket respon, dan tes keterampilan
pengolahan data kesehatan digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis
data secara kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan paired sample t-test. Hasil
penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis aplikasi poliklinik, model telah
dinilai berdasarkan lima aspek validasi, yakni: (1) identifikasi masalah yang
dilakukan; (2) penentuan jenis produk; (3) tujuan program pengembangan; (4)
struktur dan komponen model; serta (5) kelengkapan model serta memenuhi
komponen model pembelajaran berbasis aplikasi poliklinik yaitu sintaks, sistem
sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung serta dampak instruksional dan dampak
pendamping. Berdasarkan hasil validasi para ahli menyatakan bahwa semua
perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui penelitian ini layak
digunakan sebagai pendukung implementasi model. Efektivitas model
pembelajaran juga telah dapat dibuktikan adanya perbedaan yang signifikan
antara nilai post-test dan pre-test pada masing-masing sesi pembelajaran maupun
secara keseluruhan pada kelompok ekspeerimen dan kelompok kontrol, yang
menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah mampu memberikan
dampak peningkatan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran system
informasi kesehatan.
Kata kunci: Sistem Informasi Kesehatan, Aplikasi Poliklinik, Model
Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Doctor of Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:58 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26536 |