PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL AVIATION ENGLISH MENGGUNAKAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG

Masito, Fitri (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL AVIATION ENGLISH MENGGUNAKAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS FITRI MASITO - Fitri Masitoh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Aviation English
berbasisa digital dengan menggunakan pendekatan Flipped Classroom untuk
meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Politeknik Penerbangan Palembang.
Ada kesenjangan (gap) pada penelitian sebelumnya, di mana penerapan Flipped
Classroom in English for Specific Purposes (ESP), khususnya Aviation English,
masih minim. Studi sebelumnya telah menekankan pembelajaran berbasis teori dan
kurang mengintegrasikan teknologi dalam model pembelajaran interaktif. Oleh
karena itu, penelitian ini menawarkan kebaruan dengan mengembangkan Fitri’s
Flipped Aviation English Framework, yang mengadaptasi Flipped Classroom
melalui bahan ajar digital berbasis Canva dan Google Classroom. Metode yang
digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model 4D
(Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahapan penelitian meliputi analisis
kebutuhan, desain materi instruksional, validasi ahli, dan uji coba produk yang
terbatas dan ekstensif. Hasil penelitian ini mengevaluasi tiga aspek utama: desain,
kelayakan, dan efektivitas. Pertama, desain bahan ajar Bahasa Inggris Penerbangan
dikembangkan menggunakan teknologi Canva, yang menghasilkan pengalaman
belajar yang menarik, visual yang menyenangkan secara estetika, dan interaktivitas
yang tinggi. Desainnya disesuaikan agar selaras dengan tuntutan pembelajaran
Aviation English, terutama dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa
melalui konten yang menarik dan terstruktur. Kedua, kelayakan bahan ajar
divalidasi oleh para ahli di bidang konten, desain, media, dan bahasa, mencapai
peringkat kelayakan sebesar 74,1%, mengkategorikan materi sesuai untuk
penggunaan pendidikan. Ini menegaskan bahwa materi tersebut memenuhi standar
yang dipersyaratkan dan dapat diimplementasikan secara efektif dalam lingkungan
pendidikan vokasi. Ketiga, efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dinilai
menggunakan N-Gain Score, yang menghasilkan skor rata-rata 0,8642,
menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa.
Hasil penelitian ini berkontribusi secara teoritis dengan memberikan bukti empiris
yang mendukung efektivitas pembelajaran berbasis digital yang terintegrasi dengan
model Flipped Classroom dalam pengajaran Aviation English. Secara praktis,
bahan ajar ini berfungsi sebagai alternatif yang inovatif dan relevan untuk
pendidikan kejuruan, membekali siswa dengan keterampilan komunikasi yang
penting untuk industri penerbangan. Penelitian ke depan direkomendasikan untuk
memperluas ruang lingkup penelitian ini untuk hasil yang lebih komprehensif dan
representatif mengenai dampak pendekatan ini.
Kata kunci: Aviation English, Flipped Classroom, Bahan Ajar Digital,
Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Doctor of Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Sep 2025 01:58
Last Modified: 30 Sep 2025 01:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200