Komalasari, Yeti and Sudarwan, Danim and Rambat, Nur Sasongko (2025) MODEL MANAJEMEN MUTU INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI POLITEKNIK PENERBANGAN PALEMBANG. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS YETI, OK - yeti komalasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian mengembangkan model manajeman mutu internal untuk
meningkatkan pengelolaan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan mixed
method dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian kepala SPMI,
auditor dan ketua prodi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
kuesioner dan studi dokumentasi.. Analisis data menggunakan teknik kualitatif
interaktif model dan kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian diperoleh
kebutuhan sebelas butir standar pengelolaan pembelajaran sesuai SN-Dikti yang
terbagi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan
pembelajaran. Desain model manajemen mutu internal berupa pemenuhan standar
pengelolaan pembelajaran melalui AMI SN-Dikti berbasis sitem informasi audit
mutu internal (SiAMI).Pengembangan model manajemen mutu internal melalui
SiAMI terintegrasi pada notifikasi pesan whatsapp user yang terbagi pada tahap
persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Implementasi AMI SN-Dikti melaui SiAMI
pada Prodi TRBU diperoleh nilai 3,07 dengan 6 temuan, Prodi MBU dan Prodi
PPKP dengan nilai masing- masing 3,00 dengan 7 temuan. Efektifitas model
manajemen mutu internal diperoleh hasil tim SPMI skor 99,17% kriteria sangat
efektif, ketua prodi atau auditee skor 97,8% dengan kriteria sangat efektif dan
auditor 98,3% kriteria sangat efektif. SiAMI memfasilitasi manajemen mutu
internal dengan hasil terukur valid sehingga membantu manajemen dalam
mengambil keputusan dalam pemenuhan standar mutu pendidikan.
Kata kunci: manajemen mutu internal; pengelolaan pembelajaran; standar mutu
pendidikan tinggi
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Doctor of Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26541 |