Yunitasari, Yunitasari and M. Lutfi, Firdaus and Endang, Widi Winarni (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA ORGANIK BAHAN ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS YUNITASARI OK - Yunitasari chy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu membuat e-modul kimia organik bahan alam dengan
model project based learning, menguji kelayakan e-modul kimia organik bahan
alam dengan model project based learning, menguji keefektivitas e-modul kimia
organik bahan alam dengan model project based learning untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Sampel penelitian adalah mahasiswa
Universitas Bengkulu dan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati
Sukarno. Wawancara, angket respon, dan tes kemampuan berpikir kritis
digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data secara kuantitatif
dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah e-modul
yang dikembangkan dari hasil pengujian laboratorium terhadap tanaman obat.
Hasil pengujian laboratorium yang diperoleh adalah 3 dari 12 tanaman obat yang
diuji mengandung antioksidan yang tinggi yaitu daun senduduk,dengan nilai IC50
sebesar 36,34 daun sekentut dengan nilai IC50 sebesar 67,26 dan daun ruku hitam
dengan nilai IC50 sebesar 93,60. Berdasarkan hasil uji respon mahasiswa pada
kelas eksperimen pada aspek materi, media, manfaat berturut-turut memperoleh
persentase sebesar 90,31%, 94,27%, dan 91,92% yang termasuk dalam kriteria
sangat baik. Efektivitas e-modul dilakukan untuk mengetahui signifikansi rata-rata
hasil belajar kelas yang menggunakan e-modul dan kelas tanpa menggunakan e-
modul. Diperoleh nilai thitung sebesar 9,031 dan ttabel sebesar 1,684. Maka H0
ditolak karena thitung > ttabel yang berarti pembelajaran menggunakan e-modul
kimia organik bahan alam dengan model project based learning lebih baik dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa daripada pembelajaran tanpa
menggunakan e-modul.
Kata kunci: E-modul, Tanaman Obat, Project based learning, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Doctor Economics |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26543 |