PENGEMBANGAN E-BOOK ENGLISH SPEAKING SKILL DENGAN PENDEKATAN CONTENT LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA TADRIS

Susanto, Ferri and Syukri, Hamzah and Alamsyah, Harahap (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK ENGLISH SPEAKING SKILL DENGAN PENDEKATAN CONTENT LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA TADRIS. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
DESERTASI FIX FERRI SUSANTO 2025 - Fipit Novel (Bunda Alfarabby).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book speaking skill dengan
pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL), mencakup aspek
Content, Communication, Cognition, dan Culture, untuk meningkatkan kemampuan
berbicara mahasiswa Tadris di tiga perguruan tinggi di Bengkulu. Desain penelitian
menggunakan metode Double Diamond dengan empat fase: Discover, Define, Develop,
dan Deliver. Data dianalisis dengan mix-method (kualitatif dan kuantitatif), data
kualitatif melalui metode triangulasi berdasarkan teori Hubberman dan Miles.Teori ini
menjelaskan analisis data kualitatif yang melibatkan tiga langkah utama: pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Triangulasi
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga
mencakup analisis kebutuhan menggunakan kuisioner kepada mahasiswa dan dosen
untuk mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi saat ini dan yang diinginkan. Metode
ini mengikuti kerangka yang dikemukakan oleh Maclister, yaitu Lack, Necessities, dan
Wants.Hasil analisis kualitatif menunjukkan kebutuhan signifikan akan bahan ajar ini.
Dari mahasiswa, 47,5% menyatakan kekurangan (Lack), 77% menyatakan
membutuhkan (Necessities), dan 72,5% menyatakan keinginan (Wants). Sementara itu,
dari dosen, kekurangan mencapai 57%, kebutuhan 61%, dan keinginan 58%. Hasil
analisis menggunakan model Huberman and Miles menunjukkan bahwa materi E-Book
yang ideal harus mengintegrasikan empat aspek CLIL, berbasis realitas global (trending
topics), dan efektif meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa. Secara
keseluruhan, E-Book ini dapat menjadi acuan bahan ajar dalam pembelajaran speaking
skill di lingkungan Tadris bahasa Inggris di Bengkulu. Analisis kuantitatif
menggunakan Randomized Solomon Four Group Design dan ANAVA menunjukkan
efektivitas E-Book. Pada Unit 2, hasil Fhitung > Ftabel (37,276 > 2,74 dan 4,08),
sedangkan pada Unit 9, Fhitung > Ftabel (57,36 > 2,74 dan 4,08), membuktikan bahwa
produk sangat efektif dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan
berbicara mahasiswa setelah menggunakan E-book tersebut.
Kata Kunci: E-Book, CLIL, Konten, Komunikasi, Kognisi, Budaya, Berlian Ganda,
Konvergen, Divergen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Doctor of Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Sep 2025 01:58
Last Modified: 30 Sep 2025 01:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26544

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200