Marita, Yosi and Safnil, Safnil and Irwan, Koto (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR TINGGI MAHASISWA FAKULTAS HUKUM. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DISERTASI PERPUSTAKAAN FINAL PDF - yosi marita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan buku ajar Bahasa Inggris Hukum yang sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Pengembangan buku ajar Bahasa Inggris Hukum
diperlukan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi mahaiswa. Desain penelitian
menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian ini
mengadopsi model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang memiliki lima
tahapan diantaranya: tahap analisis (Analysis) tahap perancangan (Design), tahap pengembangan
(Development), tahap implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Sampel
penelitian ini berjumlah 40 mahasiswa semester IV Universitas Prof. Dr. Hazairin SH. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara
kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (1) Pada tahap analisis
kebutuhan mahasiswa terdapat sekitar (96%) responden yang membutuhkan buku ajar Bahasa
Inggris yang khusus (ESP) yang mendukung baik dalam bidang akademik maupun profesi. (2)
silabus yang dikembangkan memiliki kepraktisan baik dari penyajian maupun penggunaan pada
rentang 80%-90%. (3) Hasil validitas pada buku ajar berdasrkan aspek kelayakan isi rata-rata
82,4% (sangat valid), aspek kelayakan Bahasa sebesar 84,5% (sangat valid) serta aspek
media/kegrafikan 80,3% (valid (4) respon mahasiswa dan dosen terhadap pengembangan buku
ajar memiliki nilai kelayakan yang berpusat pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi serta
mencari solusi.
Kata Kunci: Buku ajar, Berpikir Tingkat Tinggi, Hukum, Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Doctor of Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26546 |