Sari, Dinda Riski Permata and Andik, Purwanto and Desy, Hanisa Putri (2025) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 4 REJANG LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Dinda Riski Permata Sari A1E019018 (2) - Dinda riski Permata sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mendeskrpsikan persepsi guru dan siswa
terhadap implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Fisika di
SMA N 4 Rejang Lebong. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan
angket, wawancara, dan observasi, penelitian ini menemukan bahwa guru
memiliki persepsi sangat positif (87%), sementara siswa memiliki persepsi
positif (71%). Guru menilai Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan
dalam pengajaran, tetapi masih menghadapi kendala dalam penyediaan bahan
ajar, sedangkan siswa merasa lebih fleksibel dalam belajar tetapi kesulitan
menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran mandiri dan berbasis proyek.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi sekolah dan pemangku
kebijakan untuk mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka dalam
pembelajaran Fisika.
Kata kunci: Persepsi, Kurikulum Merdeka, Guru, Siswa, Pembelajaran
Fisika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:27 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26695 |