Destriani, Mutiara and Anni, Suprapti and Mayang, T. Afriwilda (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF- MANAGEMENT TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PADA SISWA SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mutiara Destriani A1L018022 - Mutiara Destriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian bertujuan umtuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan kelompok
teknik self-management dalam meningkatkan kematangan emosi siswa. Penelitian
dilakukan menggunakan metode eksperimen dan desain two group pretest-posttest.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu
yang berjumlah 25 siswa, sampel penelitian berjumlah 8 siswa kelompok
eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol diambil dengan teknik simple random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kematangan emosi
dengan model skala likert dan analisis data penelitian menggunakan uji-t
(Independent sample t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat peningkatan kematangan emosi siswa setelah mengikuti
layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management. Hal ini dibuktikan
melalui hasil uji-t, yang menghasilkan nilai t= 8,113 dengan nilai signifikan p=
0.001 (p < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya layanan bimbingan
kelompok dengan teknik self-management terbukti memiliki pengaruh signifikan
untuk meningkatkan kematangan emosi siswa.
Kata Kunci: Kematangan Emosi, Bimbingan Kelompok, Teknik Self-
Management
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:08 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26774 |