PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK IT IQRA KOTA BENGKULU

Sary, Ismi Marlima and Didik, Suryadi and Dwi, Lyna Sari (2025) PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK IT IQRA KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI END ISMI MARLIMA SARY. - Ismimarlima Sary15.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan kemampuan membaca permulaan anak dilihat dari kemampuan anak
dalam mengenal bunyi huruf, simbol-simbol huruf, bentuk huruf dan nama huruf
masih kurang. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang efektif untuk
membantu kemampuan membaca anak, yaitu dengan menggunakan metode fonik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode fonik terhadap
kemampuan membaca permulaan anak kelompok B. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adallah anak kelompok B TK IT IQRA dengan berjumlah 30 orang
anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang diterapkan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (experimental research). Desain
dalam penelitian menggunakan Nonequivalent control group desain. Yang diimana
dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu B1 kelas eksperimen dan B2
kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sampel T-
test menyatakan bahwa sig (2-Tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05. pada penelitian
ini terdapat pengaruh kemampuan membaca yang signifikan antara kelas
eksperimen yang menggunakan metode fonik dan kelas kontrol yang
menggunakan metode konvensional (metode eja) yang ada di sekolah. Disarankan
(1). Bagi guru, pada saat kegiatan membaca anak, hendaknya guru menyampaikan
materi bacaan bisa menggunakan alat peraga sekalipun sederhana. (2). Bagi peneliti
selanjutnya, dapat menjadikan ini sebagai bahan acuan informasi untuk penelitian
menggunakan metode penilaian yang lebih efektif.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Anak, Metode Fonik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:50
Last Modified: 02 Oct 2025 04:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor