SITORUS, ANNISA MARBELLA and Yuliati, Yuliati and Verani, Indiarma (2025) Strategi Manajemen Media Sosial Instagram @RBTVCAMKOHA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Anisa Marbella Sitorus - (D1C020068) - Anisa marbella Bella.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Pentingnya strategi manajemen dalam pengelolaan sebuah akun Instagram membrangkatkan peneliti untuk melakukan penelitian terhadap akun Instagram @RBTVCAMKOHA. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen yang mereka lakukan dalam mengelola akun Instagram dengan menggunakan konsep POAC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan tiga cara yakni observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Selanjutnya data diuji keabsahannya dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori manajemen POAC, fitur-fitur Instagram dan indikator Instagram dapat dikatakan aktif yaitu planning nya tidak berjalan, tidak tahu kapan pastinya konten diunggah. Controlling karena respons terhadap
tanggapan pengguna pada akun media sosial @rbtvcamkoha belum sepenuhnya dilakukan secara responsif, Actuatting karena mengingat beberapa tahapan tidak berjalan maksimal sehingga berpengaruh pada tahapan pelaksanaan yang tidak maskimal pula . Indikator Instagram dapat dikatakan aktif, tidak berjalan dengan baik, karena tidak adanya frekuensi posting yang yang memastikan kapan konten akan diunggah, jarang beriteraksi dengan followers. Organizing karena pengelolaan
akun Instagram @rbtvcamkoha dilakukan dengan struktur organisasi yang jelas dan pembagian tugas yang terkoordinasi. Fitur-fitur Instagram karena pengelolaan akun
Instagram @rbtvcamkoha dari fitur-fitur Instagram yang digunakan oleh Instagram @rbtvcamkoha menggunakan dengan baik. Dari keenam komponen diatas terdapat 4 point yang tidak terpenuhi yaitu planning, actuating controlling, indikator Instagram dapat dikatakan aktif, dan terdapat 2 point yang terpenuhi yaitu organizing, dan fitur-fitur Instagram. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa RBTV
memiliki dua akun Instagram yaitu @rbtvcamkoha dan @rbtv.disway, yang membagi fokus pengelolaan media sosial. akibatnya, perhatian terhadap akun @rbtvcamkoha menjadi terbagi, sehingga pengelolaan interaksi audiens tidak
selalu optimal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Journalistic |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:50 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27067 |