PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL DEMOGRAFI TERHADAP REPRESENTASI DIRI GENERASI Z PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA BENGKULU

Ramdhani,S, dhandy thio ramadhan and Alfarabi, Alfarabi and Panji, Suminar (2025) PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL DEMOGRAFI TERHADAP REPRESENTASI DIRI GENERASI Z PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
TESIS DHANDY THIO RAMADHANI.S (PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL DEMOGRAFI TERHADAP REPRESENTASI DIRI GENERASI Z PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA BENGKULU_compressed - Dandy Thio Ramadhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik sosial demografi terhadap representasi diri Generasi Z pada media sosial Instagram di Kota Bengkulu.
Karakteristik sosial demografi yang diteliti meliputi usia, jenis kelamin, dan latar belakang keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 240 responden Generasi Z yang berdomisili di Kota
Bengkulu, dengan desain penelitian Explanatory Research. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sosial demografi yang meliputi usia, jenis kelamin, dan latar belakang keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap representasi diri Generasi Z di
Instagram. Temuan ini menunjukkan bahwa representasi diri di media sosial bukanlah tindakan yang netral, tetapi dipengaruhi oleh latar belakang sosial
individu yang membentuk cara mereka memaknai dan menyusun identitas digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam kajian komunikasi dan media
baru, serta implikasi praktis bagi pengembangan strategi komunikasi digital yang relevan dengan karakteristik generasi muda. Studi ini juga menyoroti pentingnya
pemahaman terhadap dinamika sosial dalam membentuk pola interaksi dan representasi diri di era digital. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar dapat
mengembangkan variabel penelitian dengan memasukkan faktor-faktor psikososial seperti kebutuhan akan validasi, kecemasan sosial, atau persepsi terhadap estetika
digital. Penelitian juga dapat diperluas pada platform media sosial lainnya atau pada
generasi yang berbeda, guna memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang
dinamika representasi diri di era digital.
Kata Kunci: Generasi Z, Instagram, Karakteristik Sosial Demografi, Representasi
Diri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Public Administration Program
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:51
Last Modified: 02 Oct 2025 04:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27076

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200