PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT FACTOR TERHADAP CONTINUANCE INTENTION PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS BENGKULU DENGAN EXPECTATION CONFIRMATION MODEL

Ariani, Selvia and Sari, Julia Purnama and Ramadani, Niska (2024) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT FACTOR TERHADAP CONTINUANCE INTENTION PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS BENGKULU DENGAN EXPECTATION CONFIRMATION MODEL. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_Selvia Ariani_ G1F020034.. - Selvia Ariani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

E-learning adalah proses penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
E-learning berfungsi untuk mewadahi dosen dan mahasiswa dalam memberikan
alternatif pengajaran dan pembelajaran disamping pembelajaran kelas. Beberapa
penelitian terdahulu telah menguji faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi
penerimaan pembelajaran menggunakan E-learning. Namun, kajian tentang
Knowledge Management yang mempengaruhi keberlanjutan penggunaan E�learning dengan menggabungkan ke empat variabel pada metode Expectation
Confirmation Model yaitu Confirmation, Perceived Usefulness, Satisfaction dan
Continuance intention belum dilaporkan dalam literature yang ada. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi niat pengguna untuk terus menggunakan (Continuance Intention)
E-learning Universitas Bengkulu menggunakan metode Expectation Confirmation
Model (ECM). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif
dengan instrument penelitian berupa kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang
responden, yaitu mahasiswa S1 Universitas Bengkulu. Analisis data
menggunakan software SmartPLS 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
Expectation Confirmation Model dan Knowledge Management Factor. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor Knowledge management
(Knowledge Acquisition, Knowledge Application, dan Knowledge Sharing)
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness dan
Satisfaction, yang selanjutnya mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan
E-learning secara berkelanjutan (Continuance Intention). Hal ini menunjukkan
bahwa faktor Knowledge management merupakan faktor penting untuk
memastikan keberlanjutan penggunaan E-learning Universitas Bengkulu.
Kata Kunci: E-learning, Knowledge Management Factor, Universitas
Bengkulu, Continuance Intention, Expectation Confirmation
Model.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information Systems Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:45
Last Modified: 02 Oct 2025 06:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27131

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200