Peran Niat Beli dalam Pengaruh Faktor Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Skincare Wardah di Kota Bengkulu)

Wulandari, Pusvita and Berto, Usman (2025) Peran Niat Beli dalam Pengaruh Faktor Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Skincare Wardah di Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
buat bebas perpus 2 - Pusvita Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Semua orang khususnya wanita selalu ingin terlihat maksimal dalam setiap
penampilannya. Dan salah satu faktor utama penunjang penampilan adalah kulit
wajah yang sehat. Berdasarkan data dari Statista (2020), pasar terbesar dari
industri kosmetik Indonesia adalah dari segmen perawatan kulit (skincare) yang
mana tingkat permintaan konsumen terhadap produk skincare terus mengalami
peningkatan setiap tahunnya. Seperti Kosmeltik wardah melnjadi urutan telratas
selbagai pelngguna kosmeltik telrbanyak di Indonelsia.. Produk-produk wardah
melnelrapkan filosofi halal Greleln Belauty yang dimana di dalamnya telrkandung 5
prinsip yakni halal natural, alcohol frelel, local & global elxpelrt selrta cruellty frelel.
Lini produk kosmeltik wardah yang halal sangat belragam dan belrvariasi,
contohnya yang sudah telrkelnal yaitu produk kelcantikan bibir baik lipcrelam,
liptick, pelrawatan kulit selpelrti skincarel dan lain selbagainya (Angellia, 2022).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui
media sosial serta teman dan keluarga. Teknik non-probability sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode
pengambilan sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 275 responden
yang pernah menggunakan skincare wardah di Kota Bengkulu. Kemudian data
yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM)
dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. SmartPLS digunakan untuk menganalisis
data yang dikumpulkan dari kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1. sertifikasi halal dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 2.
Kesadaran halal dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 3. Religiusitas
dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 4. Pengetahuan produk dapat
x
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 5. Sertifikasi halal berpengaruh
terhadap niat beli, 6. Kesadaran halal berpengaruh terhadap niat beli, 7.
Religiusitas berpengaruh terhadap niat beli, pengetahuan produk berpengaruh
terhadap niat beli, 9. Keputusan pembelian berpengaruh terhadap niat beli, 10.
Sertifikasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh
niat beli, 11. kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang
dimediasi oleh niat, 12. Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian
yang dimediasi oleh niat beli, 13.pengetahuan produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian yang dimediasi oleh niat beli.
Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penyebab konsumen tidak
mempunyai skincare wardah yaitu masih banyaknya konsumen yang belum
mengetahui pentingnya produk halal bagi diri konsumen itu sendiri. Oleh sebab
itu hendaknya pihak wardah melakukan inovasi/perubahan jika ingin
mempertahankan, karena jika terus berlanjut hal ini akan berdampak pada
keberlangsungan perusahaan untuk kedepannya.
Kata kunci: Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas, dan Pengetahuan
Produk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:19
Last Modified: 02 Oct 2025 08:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27166

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor