PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 10 REJANG LEBONG

Ningtias, Finny Angraini and Herman, Lusa and Dwi, Anggraini (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 10 REJANG LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI - Finny Angraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengerapan model Project
Based Learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik
kelas V SDN 10 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah PTK, yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru dan peserta didik kelas V SDN 10 Rejang Lebong yang berjumlah
25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi
dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap
kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan
persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan kemampuan menulis puisi peserta didik pada
pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model PjBL. Hasil skor
aktivitas guru siklus I diperoleh 39 kategori cukup dan siklus II
meningkat menjadi 61 kategori sangat baik. Hasil skor rata-rata
aktivitas peserta didik siklus I diperoleh 40 kategori cukup dan
meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 59 kategori sangat baik.
Hasil siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 61,80 dengan
ketuntasan belajar klasikal sebesar 52%, pada siklus II terjadi
peningkatan sebesar 77,20 dengan ketuntasan belajar klasikal 84%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning
(PjBL) dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 10 Rejang Lebong.
Kata kunci: Model Project Based Learning, Puisi, Aktivitas,
Kemampuan Menulis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor