PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Hernelti, Yetri and Dalifa, Dalifa and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Yetri Hernelti_PGSD_fix - Yetri Hernelti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap
hasil belajar IPAS kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen
semu dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi penelitian ini adalah SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas IV SDN 57 Kota Bengkulu dan IV SDN 48 Kota
Bengkulu dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Claster Random
Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek
kognitif berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest.
Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan
menggunakan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis inferensial
dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis inferensial bahwa nilai thitung (4,557) > ttabel
(2,005). Adapun nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan rincian nilai rata-
rata pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (72) dan kelas kontrol (57).
Perbedaan nilai tersebut karena ada perlakuan yang berbeda pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap
hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu.
Kata kunci: IPAS, Pop-Up Book, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:09
Last Modified: 03 Oct 2025 03:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27238

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200