PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BULUTANGKIS BERBASIS MOBILE LEARNING (Studi Kasus pada Siswa Kelas Olahraga SMP Negeri Kota Bengkulu)

Ilahi, Bogy Restu and Johanes, Sapri and Dian, Pujianto (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BULUTANGKIS BERBASIS MOBILE LEARNING (Studi Kasus pada Siswa Kelas Olahraga SMP Negeri Kota Bengkulu). Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS BOGY RESTU ILAHI (2) - Widya castrena Dharma siddha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengahasilkan model pembelajaran
teknik dasar bulutangkis berbasis mobile learning, menganalisis kelayakan model
dan menganalisis efektifitas penerapan model pembelajaran teknik dasar
bulutangkis berbasis mobile learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu
penelitian yang digunakan Research and Development dari model Brog and Gall.
Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan tes
pengukuran. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian didapatkan 15 model
teknik dasar bulutangkis berbasis mobile learning yang di build up pada aplikasi
bernama BadMo.Learn, Berdasarkan uji validasi ahli pembelajaran pendidikan
jasmani dan olahraga, ahli permainan bulutangkis dan ahli media pembelajaran
menyatakan bahwa model pembelajaran teknik dasar bulutangkis berbasis mobile
learning yang dikembangkan layak dilanjutkan dengan hasil uji coba kelompok
kecil pada siswa kelas olahraga diperoleh persentase 88,33% kategori baik sekali.
Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar pada siswa kelas olahraga diperoleh
persentase 83,67% kategori baik sekali. Hasil uji signifikansi efektivitas model
pembelajaran teknik dasar bulutangkis berbasis mobile learning menggunakan uji-
t. Dari hasil penelitian maka didapatkan nilai pre-test dan post-test dengan rata-
rata nilai pre-test sebesar 60,08% dan post-test 74,24%. Nilai ini diambil dari 22
siswa kelas olahraga yang mengikuti pelajaran teknik dasar bulutangkis. Hasil uji-
t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Nilai df adalah 21 maka nilai
t-tabel adalah 2,080. Nilai t-hitung 12.463 > 2,08. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa Ada perbedaan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar
siswa. hasil menunjukkan signifikan dan model pembelajaran berbasis mobile
learning efektif untuk digunakan dalam pembelajaran teknik dasar bulutangkis.
Penelitian ini menghasilkan empat bentuk model yaitu model konseptual, model
prosedural dan model fisikal. Model fisikal terdiri dari: 1) Aplikasi BadMo.Learn;
2). Bahan ajar cetak; 3). Panduan guru; dan 4). Panduan siswa.
Kata Kunci: BadMo.Learn, Bulutangkis, Mobile Learning, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Doctor of Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:29
Last Modified: 03 Oct 2025 03:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200