PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

ANGGRAINI, DEWITA and Hari, Sumardi and Hanifah, Hanifah (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
A2C022004_DEWITA ANGGRAINI_TESIS_PERPUSTAKAAN UNIB - dewita anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan disposisi
matematis terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian yang
digunakan adalah eksperimen semu. Dalam penelitian ini, dua kelas sampel
diterapkan, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based
Learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Desain penelitian yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental. Teknik
pengumpulan data yang digunakan mencakup tes (soal uraian) dan non-tes
(angket disposisi matematis). Untuk analisis data, digunakan teknik ANOVA
Dua Jalan (Two-way ANOVA). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat
perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang
belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik
yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat
perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik antara
peserta didik yang memiliki disposisi tinggi dengan peserta didik disposisi
rendah. 3) Terdapat interaksi antara Model Problem Based Learning dan
Disposisi Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematika. 4) Terdapat
perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang belajar menggunakan
Problem Based Learning dengan disposisi tinggi dan peserta didik yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional dengan disposisi tinggi. 5) Terdapat
perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang belajar menggunakan
Problem Based Learning dengan disposisi rendah dan peserta didik yang
belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan disposisi rendah.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Disposisi Matematis, Pemahaman
Konsep

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:53
Last Modified: 03 Oct 2025 03:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27288

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200