Dinata, Kristian and Afrizal, Mayub and Iwan, Setiawan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MITEDA (Mitigation of Earthquake Damage) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN PENDEKATAN STEM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PERPUST UNIB - Kristian Dinata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi
kelayakan serta efektivitas media MITEDA (Mitigation of Earthquake Damage)
yang terintegrasi dengan mitigasi bencana gempa bumi untuk meningkatkan
kemampuan computational thinking siswa dalam pembelajaran fisika pada materi
gelombang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development
(R&D) yang berfokus pada pengembangan media pembelajaran berupa kit
seismograf digital dan modul pembelajaran, yang dirancang menggunakan model
ADDIE yang dikombinasikan dengan metode pengembangan waterfall.
Kelayakan media dan perangkat MITEDA divalidasi oleh ahli media, ahli materi,
serta melalui uji coba terbatas, dengan hasil nilai Aiken’s V ≥ 0,80 yang tergolong
dalam kategori “sangat layak.” Media dan perangkat ini terbukti efektif
mendukung pembelajaran berbasis STEM dan computational thinking. Analisis
statistik menunjukkan efektivitas produk yang dikembangkan. Uji normalitas
Shapiro-Wilk (p > 0,05) dan uji homogenitas Levene (p > 0,05) menunjukkan data
memenuhi syarat untuk uji parametrik, sementara uji-t independen menunjukkan
perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (N-Gain = 0,84) dan
kelompok kontrol (N-Gain = 0,56), dengan t(69) = 8,875; p < 0,001; dan ukuran
efek d = 2,716. Siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang
lebih tinggi dalam keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan
berpikir algoritmik, yang mengindikasikan bahwa MITEDA efektif sebagai
inovasi pembelajaran berbasis computational thinking dalam pendekatan STEM.
Kata Kunci: Fisika materi gelombang, STEM, computational thinking, ADDIE,
waterfall.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 04:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27311 |