RAHIM, NURAINI BERLIANA REPIYATI and Refpo, Rahman and Charles, Banon (2025) RANCANG BANGUN ALAT UJI ELEKTROLIT DENGAN METODE ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate) UNTUK SISWA KELAS X IPA SMA N 6 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Bengkulu.
Nuraini Berliana F0E022044 TA 2025 - repiyati 2323.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang alat uji elektrolit metode ADDIE untuk 
meningkatkan pemahaman konsep elektrolit siswa. Proses pengembangan 
dilakukan melalui lima tahap ADDIE, dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan 
desain alat, pembangunan prototipe, implementasi di kelas, hingga evaluasi oleh 
ahli dan pengguna. Alat uji elektrolit yang dirancang menggunakan beberapa 
komponen seperti elektroda tembaga, lampu LED, baterai, dan papan PCB. Alat 
yang sudah diuji mandiri, selanjutnya diuji materi oleh guru mata pelajaran kimia
dan uji kelayakan oleh dosen fisika dan kimia. Dari hasil uji materi memberikan 
skor 5,00 dan uji kelayakan memberikan skor 3,92, setelah direvisi dan dinyatakan 
layak. Kemudian diimplementasikan dengan uji terbatas sejumlah 4 orang untuk 
menguji larutan elektrolit dan non elektrolit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
alat uji elektrolit yang dikembangkan mampu membantu siswa membedakan 
larutan elektrolit kuat, lemah, dan non-elektrolit secara praktis dan menarik, serta 
dapat meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, alat ini dinyatakan layak 
sebagai media pembelajaran praktikum kimia di sekolah menengah atas diberbagai 
sekolah yang ada di Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Alat uji elektrolit, Metode R&D Versi ADDIE, larutan elektrolit
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) | 
| Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Diploma Science Laboratory | 
| Depositing User: | Oka Ariani S.IPust | 
| Date Deposited: | 05 Oct 2025 06:36 | 
| Last Modified: | 05 Oct 2025 06:36 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27405 | 

