SUARNI, TRI and Agus, Susanta and Gumono, Gumono (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN SENILAI KELAS 4 SD NEGERI RANTAU JAYA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagi BEBAS PERPUS UNIVERSITAS TRI SUARNI - Tri Suarni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang pendidikan dasar hingga
perguruan tinggi. Namun matematika di tingkat sekolah dasar seringk menghadapi tantangan
yaitu siswa merasa kurang tertarik karena dianggap sulit. Dalam pembelajaran matematika,
pemikiran kreatif menjadi sangat penting karena dapat membentuk individu yang berkualitas.
Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Model pembelajaran ini
dilakukan dengna pendekatan yang menyenakan dan interaktif. sehingga siswa akan senang
belajar matematika dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dengan perhitungan menggunakan uji Wilcoxon
terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran
TGT (Teams Games Tournament) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci: Matematika, Berpikir Kritis, TGT (Teams Games Tournament), Uji Wilcoxon.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:09 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27432 |