Novrianti, Cindy and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS CINDY NOVRIANTI - Cindy Novrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi keragaman
sosial dan budaya Indonesia dalam mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas
IV SD. Latar belakang penelitian adalah rendahnya keterlibatan siswa dan
kurangnya media ajar kontekstual. Pembelajaran IPAS masih didominasi
ceramah, membuat siswa pasif dan kurang memahami nilai keberagaman.
Metode penelitian menggunakan model R&D dengan pendekatan ADDIE.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 52 Lubuklinggau. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli, dan tes
hasil belajar. Hasil menunjukkan LKPD yang dikembangkan valid
berdasarkan penilaian ahli, praktis digunakan, serta efektif meningkatkan
keterlibatan aktif, pemahaman kognitif, dan sikap peduli sosial siswa. Oleh
karena itu, LKPD berbasis PjBL ini menjadi solusi inovatif untuk
meningkatkan pembelajaran IPAS yang lebih bermakna dan kontekstual.
Kata Kunci: LKPD, Project Based Learning, IPAS, keragaman sosial dan
budaya, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:09 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27434 |