PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK CERITA RAKYAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ILLUSTRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 SD

Purwansyah, Dodi and Gumono, Gumono and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK CERITA RAKYAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ILLUSTRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS DODI PURWANSYAH - DODI PURWANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar komik cerita rakyat berbasis
Problem-Based Learning menggunakan Adobe Illustrator guna meningkatkan hasil belajar
kognitif pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 SD. Metode penelitian yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap:
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri
dari guru dan siswa kelas II SDN Transpangkalan. Pengumpulan data dilakukan melalui
analisis kebutuhan, observasi, wawancara, dan tes hasil belajar kognitif, dengan analisis data
secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan bahan ajar dilakukan secara sistematis berdasarkan analisis kurikulum dan
kebutuhan siswa. Komik cerita rakyat "Bukit Ngonang" dikembangkan dengan
mempertimbangkan aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil validasi menunjukkan
peningkatan kelayakan pada aspek materi dari 0,50 (sedang) menjadi 0,90 (sangat valid),
aspek bahasa dari 0,57 (sedang) menjadi 1,00 (sangat valid), dan aspek desain dari 0,50
(sedang) menjadi 0,87 (sangat valid). Tanggapan guru dan siswa juga menunjukkan bahwa
bahan ajar ini menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas bahan ajar ini
dibuktikan dengan peningkatan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,47 (kategori sedang)
dibandingkan kelas kontrol yang hanya 0,22 (kategori rendah). Uji Independent t-Test
menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan
dalam hasil belajar siswa. Dengan demikian, bahan ajar komik berbasis PBL berkontribusi
positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas 2 SD.
Kata Kunci: Bahan Ajar Komik Cerita Rakyat, Problem-Based Learning, Adobe Illustrator,
Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:10
Last Modified: 06 Oct 2025 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27435

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200