HAIRANI, FITRI and Agus, Susanta and Gumono, Gumono (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME BASED LEARNING-WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS FITRI HAIRANI_compressed - Fitri Hairani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan,
kepraktisan, dan efektifitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis game
based learning – wordwall untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi
bangun datar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
metode research and development (R&D), dengan menerapkan model Four-D
(4D) yang terdiri atas 4 tahap yakni define (pendefinisian), design (perancangan),
develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian yaitu
siswa kelas IV SDN Pasenan Kabupaten Musi Rawas. Instrumen penelitian
menggunakan lembar wawancara, validasi, angket respon peserta didik dan guru,
serta lembar soal tes. Data hasil pengembangan akan dianalisis, validasi dianalisis
menggunakan formula Aiken’V dan reabilitas interrater reliability, uji kepraktisan
respon siswa dan guru dianalisis menggunakan formula persentase tingkat
kepraktisan, uji efektifitas dianalisis dengan menggunakan gain score. Hasil
validasi ahli berdasarkan (a) hasil validasi isi (content validity) untuk aspek materi
(0,83), bahasa (0,87) dan penyajian (0,83), dan (b) persentase kesepakatan
(percentage of agreement) untuk materi (80%), bahasa (67%), dan penyajian
(67%). Uji kepraktisan dari hasil respon peserta sebesar 84% dengan kriteria baik,
sedangkan repon guru sebesar 87% dengan kriteria baik. Uji efektifitas
berdasarkan hasil analisis persentase N-Gain kelas kontrol sebesar 29,5 dengan
kriteria tidak efektif, sedangkan kelas eksperimen sebesar 76,1 dengan kriteria
efektif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dari validasi ahli, uji
praktikalitas, dan uji efektivitas pengembangan multimedia pembelajaran
interaktif berbasis game based learning-wordwall yang dikembangkan sudah
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar
kognitif siswa kelas IV.
Kata kunci: Media Interaktif, Game Based Learning Mathematics, Wordwall,
hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27436 |