RAHMAWATI, RAHMAWATI and Endang, Widi Winarni and Osa, Juarsa (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR MATERI TEKS DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS RAHMAWATI - rahma wati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan LKPD berbasis Discovery
Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif dan psikomotor pada materi teks deskripsi dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 5 SDN Durian
Terung sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa kelas 5 SDN Padang Lalang sebagai kelompok
eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, dengan analisis
data menggunakan uji deskriptif, uji prasyarat, analisis inferensial, serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning
memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa, dengan nilai Equal
Variances Assumed = 2,727 (lebih besar dari 1,686 pada taraf signifikansi � = 0,05) dan nilai
Sig. (2-tailed) = 0,010 < 0,05. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning juga
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar psikomotorik siswa, dengan nilai Equal
Variances Assumed = 5,597 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil uji korelasi menunjukkan
adanya hubungan signifikan antara hasil belajar kognitif dan psikomotorik dengan nilai
Pearson Correlation sebesar 0,448 dan tingkat signifikansi 0,004, yang menunjukkan kategori
hubungan sedang. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan LKPD
berbasis Discovery Learning dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari aspek kognitif maupun psikomotorik.
Kata Kunci: LKPD, Discovery Learning, Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotor, Teks Deskripsi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27439 |

