Anggreani, Yunita and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS YUNITA ANGGREANI - yunita anggreani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis pendekatan
kontekstual pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). LKPD dikembangkan dengan menyajikan materi
pembelajaran yang dikaitkan langsung dengan kehidupan sehari-hari siswa agar
lebih mudah dipahami dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD
yang dikembangkan memiliki karakteristik valid, praktis, dan efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil
validasi ahli, respon positif pengguna, serta peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa setelah penggunaan LKPD dalam pembelajaran. Penelitian ini
merekomendasikan penggunaan LKPD berbasis kontekstual sebagai media
pembelajaran yang mendukung pencapaian kompetensi dasar dan keterampilan
abad 21.
Kata Kunci: LKPD, Pendekatan kontekstual, Berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27442 |