PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN NILAI KOGNITIF DAN MENDESKRIPSIKAN PROFIL TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Fadillah, Fadillah and Osa, Juarsa and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN NILAI KOGNITIF DAN MENDESKRIPSIKAN PROFIL TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS DILLA BAB 1-5 SAJA-1_compressed (1) - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan karakteristik media komik digital
berbasis PBL, kelayakan media yang dikembangkan, respon pengguna terhadap
media, serta mendeskripsikan profil sikap tanggung jawab siswa, dan
menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan
media,. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar Rejang
Lebong sebanyak 24 siswa dan seorang pendidik, metode penelitian yang
digunakan yaitu Research and Development dengan mengacu pada model
penelitian ADDIE. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui analisis
dokumentasi, wawancara, penyebaran angket, observasi, dan tes (pretest dan
posttest). Hasil penelitian produknya dinyatakan layak digunakan secara materi,
bahasa, dan desain dan berdasarkan hasil uji empiris instrumen soal sudah valid,
reliabel, sukar , dan memiliki daya beda. Respon pengguna masuk ke kategori
sangat baik yaitu guru dengan persentase 100% dan siswa 87 %. Profil tanggung
jawab siswa dihasilkan siswa 87% siswa mulai berkembang menyerahkan tugas
tepat waktu, 100% siswa mulai berkembang mengerjakan sesuai petunjuk, dan
83% siswa mulai berkembang mengerjakan tugas berdasarkan hasil karya sendiri.
Hasil belajar kognitif ditunjukkan melalui rata-rata nilai pretest 48,66 dan rata-
rata nilai posttest yaitu 86,72 sedangkan hasil N-Gain 0,72 termasuk kategori
tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebesar
38,06% dan termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa pengembangan media komik digital berbasis PBL efektif
dalam meningkatkan nilai kognitif siswa
Kata Kunci : Media Komik Digital, Problem Based Learning, Hak dan
Kewajiban , Nilai Kognitif, Profil Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:10
Last Modified: 06 Oct 2025 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27446

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200