Agustina, Tri and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_TRI AGUSTINA_A2G023027_PERPUS UNIB - TRI AGUSTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan
menulis deskripsi siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif yaitu data kuantitatif menggunakan
angket skor penilaian yang diberikan oleh validator sedangkan data kualitataif
merupakan kritik serta saran dari validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
bahwa perbedaan nilai pretest dan posttest menunjukan peningkatan keterampilan
menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah dengan hasil rata-rata
pretest sebesar 35,27 dan rata-rata postest sebesar 86,38 serta hasil uji N-Gain Score
menunjukkan rata-rata yang diperoleh sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model TTW dapat
meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD.
Kata kunci: LKPD, Think Talk Write, Keterampilan Menulis Deskripsi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27447 |