PENGEMBANGAN LKPD IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SIFAT - SIFAT CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hariyati, Agung and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SIFAT - SIFAT CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
UNIVERSITAS AGUNG HARIYATI - Agung Hariyati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran problem based learning adalah salah satu model pembelajaran
yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penulisan dalam makalah
ini adalah mendeskripsikan LKPD IPA, konsep dan prinsip problem based learning
terhadap dimensi kemampuan memberikan penjelasan sederhana, menginduksi
hasil induksi, dan mendefinisikan istilah dalam pembelajaran IPA materi Sifat-sifat
Cahaya untuk siswa kelas V SD. Metode penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (research and development) model ADDIE. Subyek penelitian ini
terdiri dari dua kelas pada dua sekolah. Kelas V SDN Sukaraja adalah Subjek untuk
uji coba terbatas dan kelas V SDN Rantau Telang adalah Subjek untuk uji
efektifitas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan hasil tes
soal. Data diolah dengan menggunakan presentase dan rentang nilai secara klasikal
dan individual. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model problem
based learning terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas V SDN Rantau Telang karena memperoleh nilai sebesar 0,7248 dan
termasuk dalam kategori tinggi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar setiap
guru dapat menggunakan model pembelajaran yang baik dan agar dapat melibatkan
siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan hasil pembelajaran menjadi lebih baik.
Kata Kunci : LKPD IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning,
Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:10
Last Modified: 06 Oct 2025 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27449

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200