PENGEMBANGAN LKPD IPA BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL KELAS IV SD

ANDRIYANI, NOVIA BUDI and Endang, Widi Winarni and Osa, Juarsa (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
UNIVERSITAS NOVIA BUDI ANDRIYANI - 017Novia Budi Andriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk
berupa LKPD berorientasi keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif
untuk meningkatkan pengetahuan Faktual dan Konseptual siswa sekolah dasar.
LKPD yang telah ada sebelumnya belum memuat indicator keterampilan proses
sains sehingga siswa tidak terlatih dalam keterampilan proses sains. Jenis penelitian
: Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE meliputi 1) analysis, 2) Design, 3) Develop, 4) Implement,
dan 5) Evaluate. Teknik pengumpulan data melalui pemberian observasi,
wawancara, angket dan tes berupa pre tes dan post tes untuk mengetahui ada
tidaknya peningkatan pemahaman faktual dan konseptual. Data hasil penelitian di
dianalisis dengan mengguakan presentase dan rentang nilai secara klasikal dan
individual. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas dari dua sekolah yang
berbeda. Kelas IV SD Negeri 2 Sumber Makmur adalah sebagai subyek untuk uji
coba terbatas. Dan kelas IV SD Negeri Nibung adalah subjek untuk efektifitas. Dari
hasil penelitian menunjukkan implementasi LKPD berorientasi Keterampilan
Proses Sains terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan faktual dan
konseptual pada siswa kelas IV SD Negeri Nibung karena memperoleh nilai N-
Gain sebesar 0,7288 yang termasuk kategori tinggi pada pengetahuan Faktual dan
nilai N-gain sebesar 0, 693 pada kategori sedang pada pengetahuan konsseptual.
Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah agar setiap guru dapat menggunakan
LKPD yang berorientasi keterampilan proses sains sehingga mampu melibatkan
siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan
pengetahuan faktual dan konseptual yang lebih baik.
Kata kunci : LKPD IPA, Keterampilan Proses Sains, pengetahuan Faktual ,
Pengetahuan konsep

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:10
Last Modified: 06 Oct 2025 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27451

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200