Fitra, Akbarul and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran IPAS Di SDN 3 Gumay Talang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
tesis akbarul fitra_A2M023026_034417 - Akbarul Fitra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran inquiry terbimbing untuk meningkatkan perhatian dan
prestasi belajar siswa (Studi pada mata pelajaran IPAS di SDN 3 Gumay
Talang). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V .
Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen
adalah kelas VB SDN 3 Gumay Talang menggunakan lembar observasi
dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata
(mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan model Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan perhatian dan
prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SDN 3 Gumay
Talang dan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing
lebih efektif untuk meningkatkan perhatian dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 3 Gumay Talang.
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing,
Perhatian , Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27705 |