Yani, Fitri and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING TERHADAP PERILAKU KONFORMITAS PADA SISWA SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fitri Yani A1L018036 - Fitri Yani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik symbolic modelling terhadap perilaku konformitas pada siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan
desain one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas IX.1 di SMP
Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang, dan sampel sebanyak 9 orang
siswa yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data
dilakukan menggunakan angket konformitas negatif dengan skala likert. Data
dianalisa menggunakan uji-t (paired sample t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS
versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar siswa
setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling.
Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menghasilkan nilai t adalah 9.960 < (P
0,05), artinya Ho ditolak. Sehingga, layanan bimbingan kelompok dengan teknik
symbolic modelling terbukti memiliki pengaruh signifikan untuk mengurangi perilaku
konformitas negatif pada siswa.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Konformitas Negatif, Symbolic Modelling
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:46 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27911 |