PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 KEBERBAKATAN OLAHRAGA BENGKULU

Novrianti, Fifie and Agus, Susanta and Effie, Efrida Muchlis (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 KEBERBAKATAN OLAHRAGA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
FIFIE NOVRIANTI_A2C023004 - fifie novrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi
terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 12 Keberbakatan Olahraga Bengkulu tahun ajaran
2024/2025 yang berjumlah 55 siswa dan sampel penelitian yaitu kelas X 1 dan X 2
yang berjumlah 55 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir
kritis dan angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan uji analysis of
covariance (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat
pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar
7,5%; (2) terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap self efficacy
siswa sebesar 8,8%; (3) Terdapat pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa yang
diajarkan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi lebih tinggi diibandingkan
kelas yang diajarkan dengan model konvensional; (4) Terdapat Pencapaian Self
Efficacy siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi lebih
tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan sengan model pembelajaran
konvensional. Guru sebaiknya melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan
kebutuhan belajar peserta didik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara
efektif dan efisien.
Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Self
Efficacy.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:06
Last Modified: 07 Oct 2025 08:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27943

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200