Khairani, Melvi and Hari, Sumardi and Effie, Efrida Muchlis (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Melvi Khairani_A2C023007 - melvi khairani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Realistic
Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas VIII SMP pada materi persamaan garis lurus yang
valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis
(Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Instrumen pada penelitian ini terdiri
dari instrumen validitas, instrumen kepraktisan, dan instrumen tes kemampuan
pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan E-Modul berbasis RME mendapatkan kategori : (1) Sangat valid
dengan memperoleh skor indeks Aiken’s sebesar 0.88 untuk ahli materi, skor
indeks Aiken’s sebesar 0.91 untuk ahli media dan skor indeks Aiken’s sebesar
0.93 untuk ahli bahasa; (2) Sangat praktis dengan memperoleh skor kepraktisan
sebesar 93% untuk penilaian guru dan memperoleh skor kepraktisan sebesar 92%
untuk penilaian siswa; (3) Cukup efektif dari perolehan N-Gain persen dengan
persentase sebesar 73%.
Kata Kunci : E-Modul, Realistic Mathematics Education, Penelitian Pengembangan,
Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 08:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27944 |