PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMA

Rasylin, Miftah Muthmainna and Effie, Efrida Muchlis and Hanifah, Hanifah (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Tesis - MIftah Muthmainna Rasylin - Miftah Rasylin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul pembelajaran dengan
pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk meningkatkan
kepercayaan diri dan kemampuan bepikir kreatif matematis siswa di SMA pada
materi Sistem Persamaan Linier kelas X SMA Negeri 1 Rejang Lebong yang
valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis
(Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian ini terdiri dari
instrumen validitas, instrument kepraktisan, instrumen tes kemampuan berfikir
kreatif matematis, dan instrument angket kepercayaan diri. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan Modul Pembelajaran dengan pendekatan
Culturally Responsive Teaching (CRT) mendapatkan kategori: (1) Sangat Valid
dengan memperoleh skor validasi 0,90 untuk ahli materi, skor validasi 0,90 untuk
ahli bahasa, skor validasi 0,92 untuk ahli konstruk; (2) Sangat Praktis dengan skor
rata-rata persentase aspek sebesar 87% ; (3) Efektif dari perolehan skor N-Gain
sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal
mencapai 78% siswa mendapatkan nilai diatas KKM: (4)) Kepercayaan diri yang
meningkat terlihat dari sebelum pembelajaran dengan Modul Pembelajaran
terdapat 21 siswa memiliki kepercayaan diri sangat tinggi dan 15 siswa memiliki
kepercayaan diri tinggi, Setelah pembelajaran menggunakan Modul Pembelajaran
terdapat 33 siswa memiliki kepercayaan diri sangat tinggi dan 3 siswa memiliki
kepercayaan diri tinggi.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif Matematis, Culturally Responsive Teaching
(CRT), Kepercayaan Diri, Modul Pembelajaran, Penelitian Pengambangan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:06
Last Modified: 07 Oct 2025 08:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200