PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Nengsi, Rafika Zelia and Effie, Efrida Muchlis and Agus, Susanta (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS_RAFIKA ZELIA_A2C023012 - RAFIKA ZELIA NENGSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Interaktif dengan model
pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis peserta didik SMP pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
kelas VIII SMP Negeri 5 Kepahiang yang valid, memiliki karakteristik, praktis dan
efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (Analyze), perancangan
(Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan
evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen validitas,
instrument kepraktisan, dan instrumen tes kemampuan berfikir kritis matematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan E-Modul Interaktif dengan
model pembelajaran berbasis masalah mendapatkan kategori: (1) Sangat Valid
dengan memperoleh skor validasi 0,88 untuk ahli materi, skor validasi 0,942 untuk
ahli bahasa, skor validasi 0,88 untuk ahli media; (2) Sangat Praktis dengan skor
rata-rata persentase aspek sebesar 80,1 dengan kriteria positif; (3) Memiliki
Karakteristik yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE, menggunakan
pembelajaran berbasis masalah, e-modul bersifat interaktif, dan menuntun
kemampuan berpikir kritis; (4) Cukup Efektif dari perolehan skor N-Gain sebesar
0,56 dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal
mencapai 83,3% peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM.
Kata Kunci : E-Modul Interaktif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah,
Penelitian Pengembangan, Berpikir Kritis Matematis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:06
Last Modified: 07 Oct 2025 08:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200