Wahyuningsih, Endah Tri and Bhakti, Karyadi and Rendy, Wikrama Wardana (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS KESEIMBANGAN EMISI KARBON DI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ENDAH TRI WAHYUNINGSIH_A2L023006_FULL_compressed - Endah Triwn.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pemanasan global merupakan isu lingkungan yang semakin mengkhawatirkan dan
membutuhkan pemahaman serta kesadaran sejak dini melalui pembelajaran di
sekolah. Sayangnya, pembelajaran di sekolah masih cenderung bersifat teoritis
dan kurang mengaitkan konsep pemanasan global dengan fenomena nyata di
lingkungan sekitar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mendeskripsikan nilai potensi biomassa pohon berasarkan diameter pohon di ruas
jalan Kota Bengkulu, 2) mendekripsikan besar emisi karbondioksida yang
dihasilkan kendaraan berdasarkan volume dan faktor emii karbon di kota
Bengkulu 3) mendeskripsikan kelayakan E-modul berbasis keseimbangan karbon
terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global,
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil
perhitungan nilai biomassa pohon di empat ruas jalan di Kota Bengkulu
menunjukkan bahwa ruas jalan padang jati memiliki nilai potensi biomassa yang
terbesar dengan angka 881.577,60 kg. Sedangkan diruas jalan Pagar Dewa
memiliki nilai potensi biomassa terendah dengan angka 551,1 kg. Untuk hasil
perhitungan emisi karbon, di ruas jalan sukarami merupakan penghasil emisi
terbesar dibanding dengan hibrida yang memiliki emisi karbon terkecil. Ruas
jalan Hibrida, pagar dewa, sukarami merupakan ruas jalan penyumbang karbon
sedangkan ruas jalan Padang Jati merupakan ruas jalan penyerap karbon.
Kelayakan E-modul yang dikembangkan berdasarkan 3 aspek yakni materi,
bahasa dan kegrafisan memperoleh persentase sebesar 91,15% dengan kriteria
sangat layak dan hasil respon siswa 90,85 dan respon guru 91,50 menunjukkan
kriteria sangat baik. Pengetahuan siswa berdasarkan nilai N-gain pada kelas
eksperimen menunjukkan angka 0,70 pada kategori Tinggi adanya peningkatan
ketika menggunakan E-modul.
Kata Kunci: E-Modul, Pemanasan Global, Biomassa, Emisi Karbon, Literasi
Sains
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27983 |