PELAYANAN ADMINISTRASI KESEHATAN PADA PUSKESMAS SUKAMERINDU KOTA BENGKULU

Rinaldo, Rofi and Achmad, Aminudin and Noer, Fauzi Agus (2024) PELAYANAN ADMINISTRASI KESEHATAN PADA PUSKESMAS SUKAMERINDU KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan kesehatan adalah upaya yang diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah, dan menyembuhkan penyakit. Pelayanan kesehatan di Kota Bengkulu dilaksanakan dengan menjalankan upaya-upaya kesehatan yakni promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. kualitas pelayanan kesehatan diberikan Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat belum mencapai tujuan yang diinginkan, secara umum masih terdapat banyak kelemahan. Meskipun Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu berusaha melayani dengan baik segala kebutuhan perawatan meliputi pelayanan dengan harapan pasien yang memperoleh pelayanan kesehatan merasa terpuaskan, namun kenyataan menunjukkan masih terdapat ketidakpuasan pasien atas pelayanan kesehatan puskesmas yang belum sesuai dengan keinginan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan kesehatan di Puskesmas Sukamerindu serta faktor pendukung dan penghambat pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis indikator kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan Reformasi Birokrasi RI No. 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat yakni persyaratan, waktu pelayanan, biaya tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, penanganan jenis pelayanan, kompetensi. Sumber data penelitian ini adalah Kepala UPTD Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu, petugas dan tenaga medis Puskesmas Sukamerindu serta masyarakat selaku pasien di Puskesmas Sukamerindu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai, dan sumber daya manusia yang trampil. Selain itu pendekatan proses yang mana indikatornya adalah pelayanan medis, transparansi informasi dan pelayanan administrasi. Dan pendekatan hasil Dimana masyarakat percaya untuk berobat di puskesmas sukamerindu dan adanya kesetaraan pelayanan baik pasien BPJS maupun pasien yang mengambil umum. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu. Adapun faktor pendukung meliputi akses jalan dan keterjangkauan biaya. Faktor penghambatnya meliputi pelatihan pegawai secara rutin, kurangnya kesadaran masyarakat dan fasilitas puskesmas. Saran dari penelitian ini adalah puskesmas Sukamerindu sebaiknya pengajuan pegawai yang dibutuhkan, perlu melakukan perbaikan fasilitas, penambahan media cetak, serta melakukan pelatihan secara terjadwal dan rutin. Kata Kunci : Pelayanan Administrasi Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2025 01:56
Last Modified: 09 Oct 2025 01:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28228

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200