EFEKTIVITASAPLIKASIVIRTUALOFFICE DI INTERNALKANTORPERWAKILANBADAN PENGAWASANKEUANGANDANPEMBANGUNAN(BPKP) PROVINSI BENGKULU

Devi, Khadijah Ayu Komala and Titiek, Kartika Hendrastiti and Gushevinalti, Gushevinalti (2024) EFEKTIVITASAPLIKASIVIRTUALOFFICE DI INTERNALKANTORPERWAKILANBADAN PENGAWASANKEUANGANDANPEMBANGUNAN(BPKP) PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
Tesis Khadijah Ayu Komala Devi NPM D2D020005 - koko pandan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Transformasi digital membuat negara dalam hal ini pemerintah berusaha untuk mengembangkan dan menggunakan teknologi inovatif untuk mendapatkan serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk meningkatkan layanan kinerja perwakilan sebagai bagian ketahanan institusi publik di era revolusi industri 4.0 dan mendukung transformasi digital yang efisien dan efektif di Instansi Pemerintah, ada instruksi kepada seluruh pegawai untuk mengimplementasikan aplikasi Virtual Office sebagai media Co-Working Space di lingkungan perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian terkait Efektivitas Aplikasi Virtual Office di Internal Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penerapan aplikasi Virtual Office di internal kantor perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu pada pelaksanaan dan penyelesaian kinerja cukup cepat karena aplikasi Virtual Office memang pada dasarnya diterapkan secara efektif dimana saja dan kapan saja. Penggunaan aplikasi ini sangat membantu pegawai BPKP Provinsi Bengkulu dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan yang ada. Namun, seringkali muncul kendala dikarenakan belum stabilnya sistem keamanan server pada aplikasi Virtual Office. Kualitas informasi yang tersedia pada aplikasi Virtual Office ini mudah dimengerti oleh pegawai, tetapi para pengguna yang paham hanya sebagian kecil dari pegawai di Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Selain itu kompetensi pegawai untuk beralih dari metode konvensional ke metode digital masih kurang memadai. Adapun saran dalam penelitian ini adalah dengan memberikan edukasi, sosialisasi, pendidikan, pelatihan, pembinaan dan bimbingan teknis secara berkala dan masif tentang pentingnya keterlibatan pegawai dalam melaksanakan prinsip Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada seluruh pegawai di Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu guna meminimalisir kondisi gagap teknologi. Selain itu tim pengembang aplikasi Virtual Office sebaiknya melakukan upaya perbaikan dan pembaharuan fitur-fitur berdasarkan kebutuhan pegawai per bidangnya sehingga upaya pengembangan sistem aplikasi Virtual Office dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan demi tercapainya penerapan efektivitas aplikasi Virtual Office di internal Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Kata Kunci: Reformasi Birokrasi, Transformasi Digital, Virtual Office

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Postgraduate Program > Master of Public Administration Program
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2025 01:56
Last Modified: 09 Oct 2025 01:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28242

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200