Lestyanti, Rizka and Hardiansyah, Hardiansyah and Mase, Lindung Zalbuin (2021) EVALUASI KINERJA JARINGAN JALAN SAAT BENCANA TSUNAMI DENGAN SKENARIO PENAMBAHAN RUAS JALAN BARU DI KAWASAN BENCOOLEN MALL KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI RIZKA LESTYANTI (G1B017009).pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Bencoolen Mall dan Pantai Panjang Kota Bengkulu merupakan salah satu
pusat wisata yang di kunjungi wisatawan jika berwisata ke Kota Bengkulu.
Wilayah Bencoolen Mall berada tidak jauh dari garis pantai, karena terletak
tepat di sekitar kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui efektifitas kinerja jaringan jalan evakuasi pada kawasan
Pantai Panjang Kota Bengkulu dan Bencoolen Mall tepatnya pada Jalan
Pariwisata, Jalan Sedap Malam, Jalan Putri Gading Cempaka, dan Jalan
Cempaka dengan bantuan software ZIN Macrosimulation. Pemodelan ini
dilakuakan dengan cara memasukan hasil survei dan membagikan kuesioner
untuk pengunjung yang berada pada kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu
dan Bencoolen Mall. Penelitian ini menggunakan metode four steps model
transportation dengan skenario menghubungkan ruas jalan. Pengolahan data
dilakukan dan analisis menggunakan bantuan software ZIN Macrosimulation
untuk mencari validasi pada pergerakan arus lalu lintas harian dan pergerakan
saat evakuasi dengan uji analisa regresi linier sederhana, serta memasukan
skenario yang akan dibuat pada lokasi. Hasil penelitian yang didapat dengan
adanya skenario membuat kapasitas yang tersedia menjadi lebih efektif dan
keadaan untuk derajat kejenuhan tingkat pelayanannya menjadi lebih membaik.
Terlihat pada skenario C menjadi skenario D mengalami perubahan, yaitu untuk
Jalan Pariwisata (Titik Sport Center) dari 0,30 menjadi 0,26, Jalan Pariwisata
(Titik hotel Rafles) dari 0,26 menjadi 0,20, Jalan Sedap Malam I dari 0,63
menjadi 0,29, Jalan Sedap Malam II dari 0,64 menjadi 0,28, Jalan Putri Gading
Cempaka dari 0,26 menjadi 0,23, dan Jalan Cempaka dari 0,20 menjadi 0,19.
Hasil analisa untuk 5 tahun kedepan juga masih efektif jika dilakukan skenario
dengan menghubungkan ruas jalan pada Jalan Pariwisata menuju Jalan Putri
Gading Cempaka.
Kata Kunci: Bencana, Tsunami, Evakuasi, Pemodelan Transportasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:22 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28243 |