HENDRO AGUNG, PRATOMO and Evi, Hafizah and Verani, Indiarma (2025) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA DI KALANGAN MURID YANG DOMINAN BERBAHASA REJANG (Studi Kasus SDN 123 Bengkulu Utara). Other thesis, Universitas Bengkulu.
Hendro Agung Pratomo - D1E020090 - SKRIPSI - Sevtika widia sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi komunikasi guru di SDN 123
Bengkulu Utara dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia di kalangan
murid yang dominan berbahasa Rejang dan untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat yang dialami guru di SDN 123 Bengkulu Utara dalam
meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia di kalangan murid yang dominan
berbahasa Rejang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi
komunikasi oleh Hafied Cangara, yang memfokuskan penelitian ini pada
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi komunikasi guru dalam
meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia di kalangan murid yang berbahasa
rejang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi yang
digunakan yaitu dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang mendukung
dengan membiasakan menggunakan bahasa indonesia di kelas.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kemampuan Berbahasa Indonesia, Bahasa
Rejang
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
| Depositing User: | 58 darti daryanti |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:48 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 03:48 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28478 |

